Senin, 21 Desember 2009

Atlantis Adalah Indonesia ?

gambar peta lokasi benua atlantis yang hilang

Atlantis, atau Antartika atau Pulau Atlas merupakan pulau yang secara umum dianggap mitos bagi hampir seluruh orang-orang dunia. Pulau ini pertama kali disebutkan oleh Plato di bukunya " Timaeus" dan "Critias", berdasarkan catatan Plato ia mengatakan bahwa Pulau Atlantis terdampar "diseberang pilar-pilar hercules", dimana pulau tersebut adalah pulau yang menakjubkan, pulau yang memiliki angkatan laut yang menaklukan Eropa barat dan Afrika pada 9000 tahun sebelum waktu solon (atau 9500 SM), waktu solon sekitar tahun 638 SM-558 SM. Setelah gagal menyerang Yunani, Mitosnya Pulau Atlantis ini tenggelam ke dalam samudra hanya dalam waktu satu hari satu malam.

Gambar Timaeus di abad pertengahan

Dari buku timaeus, dituliskan: "Di hadapan Selat Mainstay Haigelisi, ada sebuah pulau yang sangat besar, dari sana kalian dapat pergi ke pulau lainnya, di depan pulau-pulau itu adalah seluruhnya daratan yang dikelilingi laut samudera, itu adalah kerajaan Atlantis. Ketika itu Atlantis baru akan melancarkan perang besar dengan Athena, namun di luar dugaan, Atlantis tiba-tiba mengalami gempa bumi dan banjir, tidak sampai sehari semalam, tenggelam sama sekali di dasar laut, negara besar yang melampaui peradaban tinggi, lenyap dalam semalam"

Dengan adanya tulisan dari buku Plato itu banyak perdebatan antara para ilmuan, yang ingin memecahkan kebenaran dari teori tersebut, dan dari perdebatan yang panjang menimbulkan banyak prediksi letak pulau Atlantis tersebut. dan salah satunya adalah terletak di negara Indonesia.

Namun banyak orang didunia hanya menganggap Atlantis hanyalah mitos yang dibuat oleh Plato untuk mengilustrasikan teori politik. hingga tahun 2005 seorang Profesor dari Brazil yang bernama Profesor Arysio Nunes Dos Santos menulis buku dengan judul "Atlantis, The Lost Continent Finally Found, The Definitive Localization of Plato's Lost Civilization" itu menerangkan bahwa Pulau Atlantis itu adalah pulau Indonesia Yang khususnya Pulau Sumatra, Jawa Dan Kalimantan.


Entah benar atau tidaknya opini profesor tersebut, namun jika memang benar pulau Atlantis terletak dinegara Indonesia maka jelas akan muncul banyak pertanyaan seperti bagaimana, mengapa, dan apa dari opini tersebut.

Tanggal 2 Oktober 2006 Profesor Dr.H. Priyatna abdurrasyid, Ph.D, juga pernah menulis artikel tentang mitos Benua Atlantis yang ternyata adalah indonesia. Namun untuk kebenarannya menurut saya sendiri masih membutuhkan banyak teori-teori ilmiah serta bukti-bukti ilmiah yang harus dipaparkan dalam pembuktiannya. dimana saya sendiri tidak begitu yakin dengan keberadaan benua tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan jika memang benar Indonesia, maka meskinya dapat dikaji lebih dalam lagi, untuk mengetahui dampak baik dan buruknya bagi negara Indonesia ini.
sumber:wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar