Rabu, 16 Desember 2009

Kopi Luwak Kopi Termahal Dunia

Luwak (civert) atau nama latinnya paradoxurus hermaphroditus merupakan jenis hewan Musang yang hidup didaratan Asia Tenggara dan di Indonesia khususnya berada di pulau Sumatra, Jawa dan Sulawesi. binatang ini merupakan binatang yang makanannya adalah buah-buahan. di Indonesia binatang ini dulu menjadi hama bagi para petani kopi. Dimana binatang ini sangat senang memakan buah kopi yang matang. Namun binatang ini mempunyai keunikan dimana binatang ini saat BAB ia membuang nya secara teratur dalam tempat yang ia senangi (tuch binatang aja punya aturan saat BAB). Khusus buah kopi yang dimakan oleh binatang ini bijinya tidak dapat dicerna oleh pencernaannya, jadi saat BAB kopi yang dimakannya tetap utuh.


Kotoran Luwak tadi diambil dan dicuci bersih oleh petani, dan ternyata setelah biji-biji kopi tersebut dibuat menjadi kopi yang siap saji rasanya beda dari kopi yang biasanya, dimana kopi dari kotoran Luwak ini sangat luar biasa dari kopi-kopi lainnya.
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Guelph, enzim dalam saluran pencernaan Luwak ini mampu mengubah protein biji kopi tersebut saat difermentasi dalam tubuh binatang ini, sehingga kopi ini tidak memiliki rasa asam.


Untuk harga penjualan Kopi Luwak ini telah menembus pasar dunia bahkan di Alaska Michael Beech www.ravensbrew.com, menjual biji kopi yang telah dipanggang dengan harga $75 per seperempat pon (Rp 675000) dan ini merupakan kopi termahal yang ada didunia.
Untuk di Indonesia sendiri tokokusip.com menjual dengan harga Rp 150.000 /gram.
Kopi ini memang dipandang unik dari segi proses pembuatannya dan dengan rasa yang sangat berbeda dengan kopi-kopi biasanya, sehingga membuat daya tarik tersendiri bagi peminum kopi.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Cara memelihara luwak yg baik untuk peliharaan bukan untuk bisnis kopi gimana ya?

Posting Komentar