Rabu, 16 Desember 2009

Tempat Wisata Di Papua part 1

Papua merupakan Propinsi yang terletak di wilayah paling timur negara Republik Indonesia dan merupakan daerah yang penuh harapan. Daerahnya belum banyak dirambah aktivitas manusia dan kaya akan sumber daya alam yang menyajikan peluang untuk berbisnis dan berkembang. Tanahnya yang luas dipenuhi oleh hutan, laut dan keaneka ragaman biotanya dan berjuta-juta tanahnya yang cocok untuk tanah pertanian. Didalam buminya, Papua juga menyimpan gas alam, minyak dan aneka bahan tambang lainnya yang siap menunggu untuk diolah. (disadur dari : http://www.papua.go.id)

Siapa yang tak kenal Papua? hampir orang-orang diseluruh dunia ini tau dengan Propinsi Indonesia yang satu ini. Apalagi kita orang Indonesia, dimana di Propinsi inilah terdapat gunung Paling tinggi di Indonesia, yaitu gunung Jaya Wijayanya serta burung yang sangat indah yaitu Cendrawasih dari Propindi Papua ini. Sebenarnya tidak hanya itu saja yang indah di Propinsi Indonesia yang satu ini, masih banyak tempat-tempat wisata yang ada di Propinsi ini yang nanti akan kita terlusuri satu persatu.
Papua juga merupakan daerah indonesia yang masih alamiah, dimana disana kita dapat melihat adat-istiadat masyarakat yang benar-benar asli. Papua juga merupakan propinsi Tercantik di Indonesia, dimana disana banyak tempat-tempat wisata yang indah dan menawan hati yang dapat kita kunjungi. OK Kita mulai...




dari gambar peta diatas kita dapat melihat daerah-daerah Papua yang memiliki beberapa kabupaten dari kabupaten Asmat sampai Kabupaten Yalimo dengan hampir tiap kabupaten memiliki keistimewaan tersendiri-sendiri untuk dikunjungi.

Patung suku Asmat (Patung Asmat)



Nah buat temen-temen yang ingin belajaar mengukir patung dapat belajar disini, ada ahlinya. sudah dari zaman dahulu orang-orang suku Asmat terkenal dengan ukiran patung-patungnya dan itu telah terkenal hingga penjuru dunia. kegiatan mengukir ini mereka lakukan untuk mengaktualisasi dari kepercayaan terhadap arwah nenek moyang mereka (suku Asmat) yang mereka simnolkan dalam bentuk patung-patung dan benda-benda ukiran.
Sebenarnya budaya mengukir ini terlahir dari upacara keagamaan. zaman dahulu malah kabarnya untuk sebuah acara menghendaki adanya pemotongan kepala manusia guna menyenangkan arwah nenek moyang suku tersebut. tapi jangan takut itu zaman dahulu kok, kalau sekarang kepercayaan itu sudah hilang.
Patung-patung yang telah dibuat biasanya digunakan dalam upacara agama tertentu dan setelah upacara berlangsung maka patung itupun ditinggal dirawa. ini merupakan sebagai wujud para arwah yang tinggal untuk menjaga hutan suku tersebut dimana hutan merupakan sumber makanan utama masyarakat Asmat.
Patung-patung ukiran suku Asmat sering menjadi incaran para kolektor-kolektor patung dunia. dan merupakan patung yang sangat diminati diantara patung-patung dunia sehingga tak jarang para kolektor sering berburu patung ke daerah Asmat ini. (sumber : http://kisipapua.blogspot.com/)
Tidak hanya itu lho, suku Asmat juga mempunyai banyak kerajinan tangan yang patut untuk menjadi oleh-oleh wisata.



Kabupaten Biak Numfor
merupakan kabupaten yang terletak disebelah utara Papua. Daerah ini terkenal dengan alam bawah lautnya yang luar biasa, jadi yang senang diving disini tempatnya kalau soal keindahan sudah terkenal hingga manca negara.
Tempat ini juga cocok untuk daerah pemancingan yang bagus, dimana ikan-ikan yang hidup diterumbu karang yang besar-besar menunggu untuk memberi petualang yang baru bagi para pemancing mania.




Pantai Nusi Nabire
Nah untuk kabupaten nabire saya gambarkan lewat foto aja, dan saya rasa itu sudah sangat cukup untuk menggambarkan daerah-daerah wisata di kabupaten ini.

0 komentar:

Posting Komentar